Terrarium Workshop with EventPIK and Wakatu

Yeay akhirnya punya kesempatan buat punya vas sukulen yang cool! Ceritanya emang uda ngincer vas - vas kaca yang berbagai bentuk itu. Tapi mahalll yaaa boookk! Then, muncullah suatu kegiatan workshop dari @eventpik (gue juga termasuk tim di sana lho!). Oke, gue daftar ya! Jadilah gue, panitia sekaligus peserta.

Peserta yang mendaftar total 15 orang dipandu oleh 4 orang dari @wakatu_id . Di antara ke-15 peserta ini, ada satu peserta termuda, cuma berusia 6 tahun bernama Levin. Si Levin duduk bersama gue. Ngobrol - ngobrol, ternyata si kecil ini sudah sering bertanam. Keren yak! Di rumahnya sudah ada terrarium yang digantung gitu.



Oh ya, buat yang belum tahu apa itu terrarium, sedikit gue bahas dulu ya.
Terrarium adalah taman mini dalam ruangan dalam wadah kaca. Kelebihan berkebun terrarium ini yang pasti kita nggak butuh area besar, dan perawatannya sangat sederhana. Tanaman yang biasanya ditanam adalah jenis sukulen dan kaktus.

Sukulen dan kaktus dipilih karena ukurannya kecil dan pertumbuhannya sangat lambat. Belum lagi, kaktus cukup toleran terhadap suhu ruang dan keadaan sinar matahari yang terbatas. Yang bingung, gue baca di buku pegangannya, "Kaktus adalah sukulen, tapi sukulen belum tentu kaktus!"
Yang gue tahu, sukulen itu biasanya punya batang/daun yang lebih tebal.

Ada banyak jenis sukulen.



Nah, untuk membuat terrarium, kita butuh :
1. Wadah kaca
2. batu
3. pasir malang
4. media tanam (tanah)
5. tanaman
6. garden tools (sendok dan kuas)
7. pasir hias
8. dries moss (rerumputan yang dikeringkan dan diberi warna)

Yuk kita mulai. Untuk workshop kali ini, setiap peserta mendapatkan wadah kaca berbentuk triangle. Kita dikasi kesempatan memilih 5-6 sukulen dan kaktus yang disiapkan. Pas memilih, kita juga sudah harus mempertimbangkan, nanti mau disusun seperti apa.

1. Step pertama adalah meletakan batu menutupi semua dasar kaca.





2. Mengisi dengan pasir malang hingga ketinggian 1,5cm
3. Dilanjutkan mengisi tanah hingga batas mulut wadah kaca.
4. Mulai menanam. Bagian belakang gue isi dulu dengan pasir hias. baru mulai menanam.
tahap ini adalah tahap paling sulit. Karena kita harus menyusun di dalam wadah yang sempit.

 


5. Finishing, memberi dekorasi batu dan dried moss.

Taraaaa. Jadilah hasil punya DIY Terrarium gue!






Seluruh peserta dan Wakatu Team!







No comments:

Post a Comment