The Official Proposal (Lamaran)

Berhubung gue dan cami adalah keturunan chinese, pernikahan kami akan mengikuti tata cara wedding ala chinese yang dimoderenkan, alias kita nggak mau terlalu ribettt..

Beberapa tradisi masih kita tanyain mana yang harus mana yang opsional. Dan setelah browsing, tanya orang, diskusi dengan cami ada beberapa ini yang rencananya akan kami jadikan patokan

Lamaran
Lamaran ini adalah prosesi di mana pihak keluarga cowo dateng ke rumah dengan membawa parsel buah - nggak mesti sih buah apa - dan pihak keluarga cowo juga mempersiapkan kalung.
Berhubung gue stay di Jakarta, berangkatlah gue dan keluarga cowo gue dari Jakarta ke Jambi. Semoga camer ga kaget lihat Jambi, kota yang begitu kecil dengan airport yang sederhana kalo dibanding sama Jakarta.
Sampailah di rumah gue, keluarga gue uda nunggu di rumah, lengkap dengan nenek gue dari pihak mama dan papa dan beberapa ii gue juga hadir (kebetulan tinggalnya tetanggaan). Ngobrol - ngobrol dan basa basi - agak ackward juga - takut kalo ada yang salah. Lalu dipakaikanlah itu kalung ke leher gue dan foto - foto. Tar gue pajang fotonya di sini minta izin sm cami dulu hehehehe

Setelah dilamar, status gue berubah jadi fiance.
I'm officially proposed 5 dec 2014
*pamercincin* *pamerkalung*

Dan keluarga gue menjamu pihak keluarga cowo. Dan nanti rencananya gue ada engagement dinner (berhubung perbedaan kota, jadi kami memilih tanggal yang nyaman bagi kedua pihak saja) - Bingung juga sebenernya dengan istilah lamaran atau tunangan. Kayaknya ngga ada istilah tunangan. Kalau cc gue dinner tunangan malam setelah sangjit (seminggu sebelum hari h)

Ngomong - ngomong soal sangjit, gue bahas sedikit kali ya.

Sangjit
Nah kalo sangjit ini adalah seserahan. Pihak cowo membawa nampan nampan seserahan diberikan ke keluarga cewek.
Nanti gue jelasin di post tersendiri setelah sangjitan ya
Rencananya gue H-2 - biar orang tua gue ga pulang pergi jakarta - jambi

Setelah sangjit ada lagi istilah Pua Ke Ceng / Song Ka Cong atau dikenal juga susun kamar pengantin. Rencananya kalo ada pun H-. Jadi pihak cewek membawa semua perbekalan koper merah baju dll ke kamar pengantin dan dirapihin di sana.

Baru nanti hari H nyaada tradisi TeaPai selain holy matrimony dan resepsi.
Wish me luck ya!



3 comments:

  1. ke, mau tanya donk, kalo yang pas lamaran itu kan kel cowo bawa buah2an,, trus dari pihak cewe na gimana? ada balikin setengah na gt ga kaya pas sangjitan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalo lamaran yang pertama kali itu, pihak cewe ga usa gimana2. terima aja buahnya. kalo aku gitu kemarin.

      Delete
  2. oalah okok.. thanks ke buat info na :)

    ReplyDelete