Cantik dan Sehat dengan Teh Hijau

Sudah tahu dong teh hijau? Lima tahun terakhir, semenjak bermunculan restoran ala Jepang di Indonesia, minuman teh hijau makin dikenal di masyarakat. Ada juga yang menyebutnya Ocha. Gue sendiri tertarik minum teh hijau karena segudang manfaat yang gue baca dari berbagai sumber di internet. Beberapa bakal gue rangkum di sini.

Nomor satu.
Teh Hijau ini berfungsi sebagai antioksidan karena teh hijau mengandung polifenol. 
"Teh hijau merupakan sumber antioksidan kuat dibandingkan dengan teh hitam. Polifenol, zat yang terkandung dalam teh hijaulah yang menjadikan teh hijau berkhasiat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Walaupun dihindangkan panas-panas, antioksidan dalam teh hijau tidak akan rusak. Kalaupun dicampur dengan gula atau jeruk lemon, kandungan antioksidannya juga tidak berubah" (Sumber : Femina)

Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, misalnya polusi udara,radiasi, rokok, dan lain sebagainya. Terus kalo tubuh kita terkena serangan radikal bebas (karena hampir setiap harinya kita berurusan dengan polusi udara, ya ga?), apa dampaknya? Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh memungkinkan untuk merusak sel dan DNA. Nah karena sel - sel nya rusak, bisa berpotensi pada penuaan atau bahkan kanker. Ngga mau kan??
Sebenarnya karena alasan utama inilah, gue memutuskan untuk rajin mengkonsumsi teh hijau, sehari satu cangkir (dulu ga rajin, seminggu sekali doang itupun kalo inget, kalo sekarang baru mau rajin, tapi baru berjalan dua hari). Jangan berlebihan juga ya, girls. Soalnya kalau kelebihan, ada efek samping jadi susah tidur. Jangan lupa, teh hijau juga mengandung kafein.

Nomor dua.(Penting tapi bukan untuk gue)
Untuk Diet!
Tapi berhubung badan gue udah skinny, gue minum teh hijau bukan untuk menjadi langsing. 
Untuk orang diet, satu jam sebelum makan, minumlah teh hijau. Katanya berfungsi untuk menekan nafsu makan. (Gue sudah coba, ampuh.. biasa 1 porsi gw abis, ini ngga abis). Yang uda skinny kayak gue, jangan ikutin ya!

Nomor tiga.
Manfaat untuk kecantikan.
  • Scrub wajah alami - Ampas teh hijau pun bisa bermanfaat. (Ini belum gue coba - tapi soon gue bakal coba) Caranya, gunakan ampas teh yang uda dingin sebagai scrub, campur dengan air sedikit, lalu pijat perlahan dan bilas hingga bersih. Katanya cara ini juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Ada juga yang dengan membaurkan bahan alami lain misalnya oatmeal dicampur air seduhan teh hijau secukupnya (bukan ampas, tapi tehnya) dan air lemon. 
  • Mata - Ampas teh hijau bisa digunakan juga untuk membuat mata rileks. Caranya diamkan ampas teh hijau yang sudah dingin di atas pelupuk mata. Diamkan 10 menit, dan kemudian bilas. Bisa juga pakai kain yang diisi ampas, jadi kayak kompresan.
  • Tubuh - Ampas teh hijau juga bisa menghaluskan kulit, caranya sama,  Caranya diamkan ampas teh hijau yang sudah dingin di bagian tubuh seperti tangan atau kaki. Diamkan 10 menit, dan kemudian bilas.
Masih banyak manfaat teh hijau lainnya. Tapi nomor 1 dan nomor 3 lah yang paling mengena buat gue. Mungkin ada manfaat teh hijau versi kamu. Bisa saling share aja biar kita sama - sama cantik dan sehat.

No comments:

Post a Comment